Konsep dan Teori Dalam Keperawatan

Konsep & Teori Keperawatan Menurut Para Ahli

Teori dan Konsep Keperawatan Menurut Hildegard E. Peplau

pada November 25, 2012

Image

MODEL KONSEPTUAL HILDEGARD E. PEPLAU

Posted by joe pada 12/12/2009

Biogarfi

Hildegard E. Peplau, PhD, RN, FAAN, yang dikenal sebagai “jiwa ibu menyusui,” meninggal di usia 89 tahun pada tanggal 17 Maret 1999. The only nurse to serve the ANA as executive director and later as president, she served two terms on the Board of the International Council of Nurses (ICN). Satu-satunya perawat untuk melayani ANA sebagai direktur eksekutif dan kemudian sebagai presiden, ia menjabat dua istilah di Dewan International Council of Nurses (ICN). In 1997, she received nursing’s highest honor, the Christiane Reimann Prize, at the ICN Quadrennial Congress. Pada tahun 1997, ia menerima kehormatan tertinggi keperawatan, yang Christiane Reimann Prize, pada Kongres ICN yg berlangsung empat tahun. In 1996, the American Academy of Nursing honored Peplau as a “Living Legend,” and, in 1998, the ANA inducted her into its Hall of Fame. (Extract from the “Peplau leaves legacy of achievement” article below – Nursing World May 1999) Pada tahun 1996, American Academy of Nursing Peplau dihormati sebagai “Legenda Hidup”, dan, pada tahun 1998, ANA dilantik-nya ke dalam Hall of Fame. (Kutipan dari “warisan daun Peplau prestasi” artikel di bawah ini – Keperawatan Dunia Mei 1999 )

 

Hildegard Peplau’s fifty-year career in nursing left an indelible stamp on the profession of nursing, and on the lives of the mentally ill in the United States. Hildegard Peplau lima puluh tahun karirnya di panti kiri cap yang tak terhapuskan pada profesi keperawatan, dan pada kehidupan para sakit jiwa di Amerika Serikat. She wore many hats – founder of modern psychiatric nursing, innovative educator, advocate for the mentally ill, proponent of advanced education for nurses, Executive Director and then President of the American Nurses Association, and prolific author. Dia mengenakan banyak topi – pendiri keperawatan jiwa modern, inovatif pendidik, advokat bagi penderita penyakit mental, pendukung pendidikan lanjutan untuk perawat, Direktur Eksekutif dan kemudian Presiden American Nurses Association, dan penulis produktif. Her life was often marked with controversy, which she faced with courage and determination. Hidupnya sering ditandai dengan kontroversi, yang dia dihadapkan dengan keberanian dan tekad.

DESKRIPSI KONSEP SENTRAL

1. Manusia

Individu dipandang sebagai suatu organisme yang berjuang dengan caranya sendiri untuk megurangi ketegangan yang disebabkan oleh kebutuhan. Tiap individu merupakan makhluk yang unik, mempunyai persepsi yang dipelajari dan ide yang telah terbentuk dan penting untuk proses interpersonal

2. Lingkungan

Budaya dan adat istiadat merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menghadapi individu

3. Kesehatan

Suatu perkembangan kepribadian dan proses kemanusiaan yang berkesinambungan ke arah kehidupan yang kreatif, konstruktif dan produktif

4. Keperawatan

Suatu proses interpersonal yang bermakna. Proses interpersonal merupakan maturing force dan alat edukatif baik bagi perawat maupun klien. Pengetahuan diri dalam konteks interaksi interpersonal merupakan hal yang penting untuk memahami klien dalam mencapai resolusi masalah.

TUJUAN ELEMEN UTAMA

1. Tujuan asuhan keperawatan :

Kepribadian yang berkembang melalui hubungan interpersonal yang mendidik dalam pemenuhan kebutuhan klien

2. Klien

Sistem diri yang berkembang sendiri dari karakteristik :

  1. Biokimia
  2. Fisiologis
  3. Interpersonal dan kebutuhan, serta berupaya memenuhi kebutuhannya dan
  4. Mengintegrasikan berbagai pengalaman

3. Peran perawat

Perawat berperan mengatur tujuan dan proses interaksi interpersonal dengan klien yang bersifat partisipatif, sedangkan klien mengandalkan isi yang menjadi tujuan. Dalam hubungannya dengan klien, perawat berperan sebagai orang asing, pendidiknara sumber, pengasuh pengganti, pemimpin dan konselor sesuai dengan fase proses interpersonal

4. Sumber kesulitan/masalah

Ansietas berat yang disebabkan oleh kesulitan mengintegrasikan pengalaman interpersonal yang lalu dengan yang sekarang. Ansietas terjadi apabila komunikasi dengan orang lain mengancam keamanan psikologik dan biologik individu

5. Fokus intervensi

Ansietas yang disebabkan oleh hubungan interpersonal yang mempengaruhi perkembangan kepribadian. Empat komponen sentral adalah :

  1. Proses interpersonal
  2. Perawat
  3. Klien
  4. Ansietas

6. Cara intervensi

Proses interpersonal terdiri dari fase orientasi, identifikasi, eksploitasi dan resolusi.

a. Fase orientasi :

Lebih difokuskan untuk membantu klien menyadari ketersediaan bantuan dan rasa percaya terhadap kemampuan perawat untuk berperan serta secara efektif dalam pemberian asuhan keperawatan kepada klien

b. Fase identifikasi

Terjadi ketika perawat menfasilitasi ekspresi perasaan klien dan tetap mampu memberikan asuhan keperawatan yang diperlukan. Ekspresi perasaan tanpa penolakan diri perawat memungkinkan pengalaman menderita sait sebagai suatu kesempatan untuk mengorientasikan kembali perasaan dan menguatkan bagian yang positif dari kepribadian klien. Respon klien pada fase identifikasi dapat berupa :

1)      Partisipasi mandiri dalam hubungannya dengan perawat

2)      Individu mandiri terpisah dari perawat

3)      Individu yang tak berdaya dan sangat tergantung pada perawat

c. Fase eksploitasi

Memungkinkan suatu situasi dimana klien dapat merasakan nilai hubungan sesuai pandangan atau persepsinya terhadap situasi. Fase ini merupakan inti hubungan dalam proses interpersonal

d. Fase resolusi

Secara bertahap klien melepaskan diri dari perawat. Resolusi ini memungkinkan penguatan kemampuan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dan menyalurkan energi ke arah realisasi potensi

Keempat fase tersebut merupakan rangkaian proses pengembangan dimana perawat membimbing klien dari rasa ketergantungan yang tinggi menjadi interaksi yang saling tergantung dengan lingkungan sosial

Perawat mempunyai 6 peran yang terdiri dari peran sebagai :

  1. Sebagai orang yang asing

Berbagi rasa hormat dan minat yang positif pada klien. Perawat menghadapi klien seperti tamu yang dikenalkan pada suatu sistem baru

  1. Nara sumber

Perawat memberikan jawaban yang spesifik terhadap pertanyaan tentang masalah yang lebih luas dan selanjutnya mengharap pada area permasalahan yang memerlukan bantuan

  1. Pendidik

Mengembangkan hubungan yang demokratis sehingga merangsang individu untuk berperan serta aktif dalam mengarahkan asuhan

  1. Pengasuh pengganti

Membantu individu belajar tentang keunikan tiap manusia sehingga dapat mengatasi konflik interpersonal

  1. Konselor

Meningkatkan pengalaman individu menuju keadaan sehat yaitu kehidupan yang kreatif, konstruktif dan produktif

7. Konsekuensi

Sistem diri dengan kepribadian yang berkembang ditandai dengan ansietas yang berkurang karena kebutuhan yang terpenuhi dan fasilitas pemenuhan kebutuhan yang lebih tinggi.

Hildegard E. Peplau lahir pada tahun 1909 di Reading, Pennsylvania, lulus dari program Diploma Keperawatan tahun 1931 di Polglown, Pennsylvania. Lulus BA dalam bidang Interpersonal Psikologi dan Peminglown College. Lulus MA dalam bidang perawatan Psikiatri tahun 1947. Ed.D dalam pengembangan kurikulum pada tahun 1953.

Pengalaman keperawatan Dr. Peplau adalah:

  • Sebagai perawat privat dan umum dibidang keperawatan RS
  • Terlibat dalam riset keperawatan
  • Perawat privat di keperawatan psikiatri
  • Mengajar perawatan psikiatri untuk beberapa tahun
  • Ia sebagai profesor emetris dari Rutgres University

Peplau menerbitkan Buku Interpersonal Relation in Nursing pada tahun 1952 Artikel-artikel di majalah-majalah profesional dan topik konsep-konsep interpersonal sampai pada isu-isu keperawatan yang terbaru. Dan selanjutnya Peplau mengembangkan teori keperawatan yang dikenal dengan Psychodynamic Nursing.

Tujuan

Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk memberi penjelasan yang lebih lengkap teori Psychodynamic Nursing yang dikembangkan oleh Hildegard E Peplau.

Pengertian Teori Keperawatan Psikodinamik

Teori yang dikembangkan Hildegard E Peplau adalah keperawatan spikodinamik (Psychodynamyc Nursing). Teori ini dipengaruhi oleh model hubungan interpesonal yang bersifat terapeutik (significant therapeutic interpersonal process)

Hildegard E. Peplau mendefenisikan teori keperawatan   psikodinamikanya sebagai berikut “Psychodynamic nursing is being able to understand one’s own behaviorto help others identify felt difaculties, and to apply priciples of human relations to the problems that arrise at all levels of experience

Menurut Peplau,  perawatan psikodinamik adalah kemampuan untuk memahami perilaku seseorang untuk membantu mengidentifikasikan kesulitan-kesulitan yang dirasakan dan untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip kemanusiaan yang berhubungan dengan masalah-masalah yang muncul dari semua hal atau kejadian yang telah dialami.

Fase-Fase dalam Hubungan Interpersonal

Menurut Peplau keperawatan adalah proses interpersonal karena melibatkan interaksi antara dua atau lebih individu dengan tujuan tertentu.

Untuk mencapai tujuan dari hubungan interpersonal tersebut maka harus melalui penggunaan step-step atau fase-fase sebagai berikut:

1. Fase Orientasi

Pada fase ini perawat dan klien masih sebagai orang yang asing. Pertemuan diawali oleh pasien yang mengekspresikan perasaan butuh, perawat dan klien malakukan kontrak awal untuk membangun kepercayaan dan terjadi proses pengumpulan data. Pada fase ini yang paling penting adalah perawat bekerja sama secara kolaborasi dengan pasien dan keluarganya dalam menganalisis situasi yang kemudian bersama-sama mengenali, memperjelas dan menentukan masalah untuk ada setelah masalah diketahui, diambil keputusan bersama untuk menentukan  tipe bantuan apa yang diperlukan. Perawat sebagai fasilitator dapat merujuk klien ke ahli yang lain sesuai dengan kebutuhan

2. Fase Identifikasi

Fase ini fokusnya memilih bantuan profesional yang tepat, pada fase ini pasien merespons secara selektif ke orang-orang yang dapat memenuhi kebutuhannya. Setiap pasien mempunyai respons berbeda-beda pada fase ini.

Respons pasien terhadap perawat:

  • Berpartisipasi dan interpendent dengan perawat
  • Anatomy dan independent
  • Pasif dan dependent

3. Fase Eksploitasi

Fase ini fokusnya adalah menggunakan bantuan profesional untuk alternatif pemecahan masalah. Pelayanan yang diberikan berdasarkan minat dan kebutuhan dari pasien. Pasien mulai merasa sebagai bagian integral dari lingkungan pelayanan. Pada fase ini pasien mulai menerima informasi-informasi yang diberikan padanya tentang penyembuhannya, mungkin berdiskusi atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada perawat, mendengarkan penjelasan-penjelasan dari perawat dan sebagainya.

4. Fase Resolusi

Terjadi setelah fase-fase sebelumnya telah berjalan dengan sukses. Fokus pada fase ini mengakhiri hubungan profesional pasien dan perawat dalam fase ini perlu untuk mengakhiri hubungan teraupetik meraka. Dimana pasien berusaha untuk melepaskan rasa ketergantungan kepada tim medis dan menggunakan kemampuan yang dimilikinya agar mampu menjalankan secara sendiri


Peran Perawat

Setiap tahap dalam proses interpersonal saling berhubungan untuk selanjutnya mendapatkan solusi. Peran-peran yang berbeda dijalani pada fase-fase yang berbeda, peran-peran tersebut yaitu:

1. Pendidik

Perawat sebagai pendidik yaitu perawat memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada klien yang berada dibawah tanggung jawabnya dan juga sebagai contoh dalam lingkungan tempat tinggal

2. Nara Sumber

Peran perawat sebagai nara sumber yaitu perawat memberikan informasi-informasi yang lengkap yang dibutuhkan oleh pasien. Baik informasi mengenai administrasi rumah sakit maupun tindakan medis yang akan dijalani oleh pasien

3. Penasehat

Peran perawat sebagai penasehat yaitu perawat memberikan nasehat-nasehat kepada pasien utamanya yang telah merasa berputus asa dengan keadaannya. Sehingga pasien ini memiliki kembali semangat hidup dan harapan untuk sembuh

4. Pemimpin

Peran sebagai pemimpin yaitu perawat yang berperan sebagai ketua dalam suatu tim kerja perawat. Yang mengatur tugas perawat-perawat yang masuk dalam timnya

5. Ahli teknik

Peran perawat sebagai ahli teknik yaitu bertugas untuk memperbaiki alat-alat keperawatan yang  rusak

6. Pengganti

Peran perawat sebagai pengganti maksudnya perawat bertugas mengganti jika saja ada perawat yang tidak bisa melaksanakan tugasnya karena sesuatu hal

Hubungan Fase-Fase Peplau Dengan Proses Keperawatan

PROSES KEPERAWATAN FASE-FASE PEPLAU
Pengkajian OrientasiPerawat dan pasien sebagai orang yang asing, pertemuan diawali oleh pasien yang mengekspresikan perasaan butuh, bekerja sama mengenali dan menentukan masalah
Diagnosa Keperawatan Pasien menjelaskan perasaan butuh
Perencanaan Identifikasi. Meletakkan tujuan yang interpendent, pasien mempunyai perasaan memiliki dan merespons secara selektif untuk memenuhi kebutuhannya
Implementasi Eksploitasi. Pasien secara selektif mencari siapa yang dapat memberi inisiatif oleh pasien
Evaluasi Resolusi. Terjadi setelah fase-fase yang lain sukses secara lengkap kemudian dilakukan pengakhiran hubungan

 

Konsep Mayor Dari Teori Peplau

Empat konsep mayor dari teori Peplau:

a. Manusia

Manusia adalah organisme yang hidup dalam keseimbangan yang tidak stabil

b. Lingkungan

Peplau mendefenisikan lingkungan sebagai bentuk di luar organisme dalam konteks kebudayaan, dari sini kebudayaan dan kepercayaan diaktualisasikan

c. Keperawatan

Keperawatan adalah alat pendidikan untuk kekuatannya bertujuan untuk mendukung kekuatan seseorang dalam kreativitas langsung, produktivitas, dan sikap individual dari kehidupan masyarakat

d. Kesehatan

Peplau mendefinisikan kesehatan sebagai gerak progresif individu dan proses makhluk lain secara terus menerus dalam kelangsungan kreativitas, produktivitas dan sikap individual dari kehidupan masyarakat

2.1 Pengertian Teori Keperawatan Hildegard E. Peplau
          Hildegard E. Peplau (1909) lahir di Reading, Pennsylvania. Dr Peplau lulus dari program diploma keperawatan di Pottstown, Pennsylvania, pada tahun 1931. Dia lulus dari Bennington College dengan gelar BA dalam bidang Psikologi interpersonal pada tahun 1943, dan dari Columbia University di New York dengan MA dalam Keperawatan Psikiatri tahun 1947, dan Edd dalam Pengembangan Kurikulum pada tahun 1953. Pengalaman keperawatan Dr Peplau termasuk di rumah sakit swasta dan tugas umum dalam keperawatan jiwa. Dia telah mengajar pascasarjana keperawatan psikiatri selama bertahun-tahun dan merupakan Profesor Emeritus dari Rutgers University. Program keperawatan postbaccalaureate pertama di Eropa difasilitasi oleh Dr Peplau di Belgia.
(Hildegard E. Peplau, R.N., Ed.D., Nursing ’74, 1974, 4, 13.)
            Hildegard E. Peplau, yang dikenal sebagai “jiwa ibu menyusui” menerbitkan bukunya “hubungan interpersonal dalam keperawatan” 1952 . ia juga menerbitkan banyak artikel dalam majalah-majalah professional dengan topic mulai konsep interpersonal sampai issue terkini dalam bidang keperawatan. Pampletnya “prinsip dasar bagi konseling keperawatan” yang berasal dari hasil penelitianya dan lokakaria (pengalaman kerja).
Dr.Peplau telah bekerja pada berbagai organisasi, termasuk WHO, lembaga nasional kesehatan jiwa, dan kesatuan keperawatan. Ia juga mantan direktur eksekutif dan presiden persatuan Perawat Amerika dan anggota akademi keperawatan Amerika. Dia telah bekerja/melayani sebagai konsultan keperawatan bagi berbagai Negara-negara asing dan bagian bedah umum angkatan udara US.
Pensiun pada tahun 1974 dan masih aktif dalam keperawatan. Bukunya 1952 telah diterbitkan kembali 1988 (komunikasi pribadi, November 4, 1987). Kontribusinya yang banyak bagi keperawatan adalah hasil kualitas rintisanya dalam komunikasi dan persepsinya mengenai keperawatan.
Hildegrad Peplau menerbitkan bukunya hubungan antar-pribadi (interpersonal) dalam keperawatan, sehubungan dengan bukunya “teori parsial untuk praktek keperawatan” Peplau membahas mengenai tahap-tahap proses hubungan antar-pribadi, peran dalam kerja keperawatan, dan metode-metode dalam mempelajari keperawatan sebagai satu proses interpersonal.
Menurut Peplau, keperawatan adalah terapeutik yaitu satu seni menyembuhkan, menolong individu yang sakit atau membutuhkan pelayanan kesehatan. Keperawatan dapat dipandang sebagai satu proses interpersonal karena melibatkan interaksi antara dua atau lebih individu dengan tujuan yang sama. Dalam keperawatan tujuan bersama ini akan mendorong kearah proses terapeutik dimana perawat dan pasien saling menghormati satu dengan yang lain sebagai individu, kedua-duanya mereka belajar dan berkembang sebagai hasil dari interaksi. Belajar menempatkan diri saat individu mendapat stimulus dalam lingkungan dan berkembang penuh sebagai reaksi kepada stimulus tersebut.
Untuk mencapai tujuan ini atau tujuan-tujuan yang lain di capai melalui penggunaan serangkaian langkah-langkah dan pola yang pasti. Saat hubungan perawat dan pasien berkembang pada pola terapeutik ini, ada cara yang fleksibel dimana fungsi perawat dalam berpraktek – dengan membuat penilaian – dengan keahlian yang didapatkan melalui ilmu pengetahuan, dengan menggunakan kemampuan teknis dan peran asumsi.
Ketika perawat dan pasien mengidentifikasi satu masalah pertama kalinya dan mulai focus pada tindakan yang tepat, pendekatan yang dilakukan melalui perbedaan latar-belakang dan keunikan individu. Setiap individu dapat pandang sebagai satu struktur yang unik bio-psyko-spri-sos yang satu dengan yang lain tidak bertentangan.
Setiap individu telah belajar dari lingkungan, adat-istiadat, kebiasaan, dan kepercayaan yang berbeda yang membentuk budaya individu tersebut. Setiap orang datangdari (pemikiran) sudut pandang yang berbeda sehingga mempengaruhi persepsi dan perbedaan persepsi ini sangat pentingdalam proses interpersonal. Sebagai tambahan bagi perawat dari latar belakang pendidikan, yang mengerti tentang teori perkembangan, konsep adaptasi kehidupan, respon konflik, juga wawasan yang luas tentang peran keperawatan professional dalam proses hubungan interpersonal. Sebagai perawatdanpasien yang berhubungan terus harus mengerti peran masing-masing dan factor sekitar yang meningkatkan masalah hingga keduanya saling berbagi atau berkolaborasi dalam mencapai tujuan bersama.
Perawat dan klien bekerja sama dan hasilnya akan saling mengenal dan akan matang secara proses. Peplau memandang keperawatan sebagai “ kekuatan yang matang dan instrument yang mendidik”. Dia percaya bahwa keperawatan adalah hasil pengalaman belajar mengenai diri sendiri dan orang lain yang terlibat dalam hubungan interpersonal. Konsep ini didukung oleh Genevieve Burton (1950) penulis lain tentang keperawatan mengatakan : “ tingkah laku orang lain harus dimengerti agar dapat mengerti diri sendiri secara jelas”. Orang-orang yang tersentuh dengan diri sendiri akan lebih sadar terhadap berbagai ragam jenis reaksi bujukan individu yang lain.
Sebagai perawat ialah mengarahkan pasien untuk penyelesaian masalah yang dihadapi setiap hari, sehingga metode dan prinsip-prinsip yang digunakan dalam berpraktek secara professional akan meningkat secara efektif. Setiap permasalahan akan mempengaruhi kepribadian perawat dan meningkatkan professionalisme. Inilah cirri diri perawat yang memiliki perubahan langsung dalam terapeutik, hubungan interpersonal.
Peplau mengidentifikasi empat tahapan hubungan interpersonal yang saling berkaitan yaitu: (1) orientasi, (2) identifikasi,  (3) eksploitasi, (4) resolusi (pemecahan masalah). Setiap tahap saling melengkapi dan berhubungan sebagai satu proses untuk penyelesaian masalah.
(http://www.currentnursing.com/nursing…/interpersonal_theory.html.)
2.2 Tahapan Peplau dalam Keperawatan
1. ORIENTASI
          Pada tahap awal orientasi, perawat dan pasien bertemu sebagai dua orang asing. Pasien dengan keluarga memiliki “kebutuhan yang dirasakan”, oleh karena itu bantuan profesional dicari. Namun, kebutuhan ini tidak dapat dengan mudah diidentifikasi atau dipahami oleh individu-individu yang terlibat.Ini sangat penting bahwa perawat bekerja sama dengan pasien dan keluarga dalam menganalisis situasi, sehingga mereka bersama-sama dapat mengenali, memperjelas, dan mendefinisikan masalah yang ada. Contoh: Perawat dalam peran konselor membantu gadis remaja yang merasa “sangat down”. Untuk menyadari bahwa perasaan ini adalah hasil dari sebuah pertengkaran dengan ibunya kemarin malam. Sebagai seorang perawat terus mendengarkan, ada faktor yang membuat gadis itu berdebat dengan ibunya dan perasaan tertekan. Karena perasaan ini dibahas, gadis itu mengakui berdebat sebagai faktor pencetus yang menyebabkan depresi.
Dengan demikian perawat dan pasien telah menetapkan masalah. Anak dan orang tua kemudian setuju untuk mendiskusikan masalah tersebut dengan perawat. Jadi dengan saling menjelaskan dan mendefinisikan masalah dalam fase orientasi, pasien dapat mengarahkan energi yang terakumulasi dari kecemasan kebutuhan yang tak terpenuhi untuk lebih konstruktif berhadapan dengan masalah yang diajukan. Hubungan didirikan dan terus diperkuat sementara kekhawatiran sedang diidentifikasi.
          Saat pasien dan keluarga berbicara dengan perawat, keputusan bersama perlu dibuat tentang jenis layananprofessional apa yang harus digunakakan.
Perawat sebagai narasumber, dapat bekerja dengan pasien dan keluarga. Sebagai alternatif perawat membuat kesepakatan bersama dari semua pihak yang terlibat, lihat keluarga untuk sumber lain seperti psikolog, psikiater, atau pekerja sosial. Pada tahap orientasi, perawat, pasien dan merencanakan keluarga apa jenis layanan yang dibutuhkan.
          Tahap orientasi secara langsung dipengaruhi oleh sikap pasien dan perawat tentang memberi atau menerima bantuan. Oleh karena itu, dalam tahap awal perawat perlu menyadari reaksi diri kepada pasien. Perawatan adalah proses interpersonal, baik pasien dan perawat memiliki bagian yang sama penting dalam interaksi terapeutik.
          Perawat, pasien, dan keluarga bekerja sama untuk mengenali, memperjelas, dan mendefinisikan masalah yang ada. Hal ini dapat mengurangi ketegangan dan kecemasan terkait dengan kebutuhan yang dirasakan dan rasa takut yang tidak diketahui. Penurunan ketegangan dan kecemasan mencegah masalah lain yang timbul sebagai akibat dari represi. Situasi stres diidentifikasi melalui interaksi terapeutik. Sangat penting bahwa pasien mengenali dan mulai bekerja melalui apa yang dirasakan terkait dengan penyebab penyakitnya.
          Dengan demikian, pada awal fase orientasi, perawat dan pasien bertemu sebagai orang asing. Pada akhir fase orientasi, mereka secara bersamaan berusaha untuk mengidentifikasi masalah dan menjadi lebih nyaman satu sama lain. Para perawat dan pasien sekarang siap untuk maju ke tahap berikutnya.
2. IDENTIFIKASI
          Tahap berikutnya identifikasi, adalah Di mana pasien merespon selektif untuk orang-orang yang dapat memenuhi kebutuhannya. Setiap pasien merespon berbeda dalam fase ini. Pasien secara aktif mungkin mencari perawat keluar atau dengan tenang menungguinya. Tanggapan untuk perawat adalah tiga: (1) berpartisipasi dan saling bergantung dengan perawat, (2) otonom dan independen dari perawat, atau (3) menjadi pasif dan tergantung pada perawat. Contoh: Seorang pria tujuh puluh tahun yang ingin merencanakan baru 1600 kalori diet diabetes.
Jika hubungan adalah saling bergantung, perawat dan pasien berkolaborasi pada perencanaan makan. Jika hubungan menjadi independen, pasien akan berencana diet sendiri dengan masukan minimal dari perawat. Dalam hubungan tergantung, perawat melakukan perencanaan makan untuk pasien.
          Sepanjang fase identifikasi, baik pasien dan perawat harus menjelaskan persepsi masing-masing dan harapan. Bagian pengalaman dari pasien dan perawat akan memiliki titik tengah, apa harapan mereka selama proses interpersonal. Seperti disebutkan dalam fase orientasi, sikap awal dari pasien dan perawat sangat penting dalam membangun hubungan kerja untuk mengidentifikasi masalah dan memutuskan bantuan yang tepat.Persepsi dan harapan pasien dan perawat dalam fase identifikasi lebih kompleks dari pada fase sebelumnya. Pasien sekarang menanggapi pembantu selektif. Hal ini memerlukan hubungan terapeutik lebih intens.
          Untuk menggambarkan, seorang pasien yang telah memiliki mastektomi mungkin menyebutkan kepada perawat ketidakmampuannya untuk memahami latihan lengan, yang sebelumnya telah menjelaskan kepadanya sebagai rejimen yang penting setelah operasi. Perawat mengamati lengan terpengaruh untuk menjadi edema (bengkak). Sementara perawat sedang menjajaki kemungkinan alasan untuk edema, pasien mengaku tidak melakukan latihan lengannya. Dalam rangka untuk memfasilitasi pemahaman pasien dan kembalinya latihan berikutnya, perawat dapat mengidentifikasi orang-orang profesional, seperti terapis fisik, perawat dan dokter, yang akan mengklarifikasi kesalahpahaman pasien. Umumnya adalah yang terbaik jika perawat obyektif membahas peran setiap orang dan keuntungan dan kerugian dari konsultasi dengan masing-masing. Namun, dalam kasus ini, pasien mungkin menyatakan bahwa dia tidak peduli untuk mendiskusikan latihan dengan perawat atau ahli terapi fisik karena dia merasakan hanya dokter memiliki informasi yang diperlukan.
          Sementara bekerja melalui fase identifikasi, pasien mulai memiliki rasa dan kemampuan menghadapi masalah, yang menurunkan perasaan tidak berdaya. Hal ini pada gilirannya menciptakan sikap optimistis dari mana kekuatan batin terjadi kemudian.
Setelah identifikasi, pasien bergerak ke tahap eksploitasi, di mana keuntungan dari semua layanan yang tersedia diambil. Tingkat dimana layanan ini digunakan adalah berdasarkan pada kepentingan dan kebutuhan pasien. Individu mulai merasakan dan bagian integral dari lingkungan membantu.  Contoh: Wanita dengan lengan pembengkakan. Selama fase ini pasien mulai menyerap informasi yang diberikan kepadanya untuk latihan lengan. Dia membaca pamflet dan sebuah film yang menggambarkan latihan, ia membahas pertanyaan dengan perawat, dan ia mungkin menanyakan tentang bergabung dengan kelompok latihan melalui departemen terapi fisik.
          Perawat harus berurusan dengan kekuatan bawah sadar yang menyebabkan imbulnya tindakan pasien. Prinsip-prinsip teknik wawancara harus digunakan dalam rangka untuk menggali, memahami, memecahkan masalah yang mendasari. Penting bahwa perawat mengeksplorasi penyebab yang mungkin untuk perilaku pasien. Hubungan terapeutik harus dijaga dengan menyampaikan sikap penerimaan, perhatian, dan kepercayaan. Perawat harus mendorong pasien untuk mengenali dan menjelajahi perasaan, pikiran, emosi, dan perilaku dengan memberikan suasana tidak menghakimi dan emosional terapeutik.
          Beberapa pasien mungkin mempunyai minat aktif dan terlibat lebih dalam, dengan perawatan diri. Pasien tersebut akan menjadi lebih mandiri dan akan menunjukkan inisiatif dengan membentuk perilaku yang sesuai untuk pencapaian tujuan. Melalui penentuan nasib sendiri, pasien semakin mengembangkan tanggung jawab untuk diri sendiri, kepercayaan pada potensi, dan penyesuaian menuju kemandirian dan kemerdekaan. Pasien-pasien ini realistis mulai membangun tujuan mereka sendiri terhadap status kesehatan. Mereka berjuang untuk mencapai pola atau arah hidup mereka kepada kesehatan. Hal ini dicapai dengan menjadi produktif, dengan percaya dan tergantung pada kemampuan mereka sendiri. Akibatnya, kepribadian mereka terus terbentuk, mereka mengembangkan sumber-sumber kekuatan batin yang menghadapi masalah baru atau tantangan.
            Jenis perilaku intermiten dapat dibandingkan dengan reaksi penyesuaian remaja dalam konflik dependensi independensi.
Pasien mungkin dalam peran dependen sementara kebutuhan simultan untuk kemerdekaan ada. Berbagai penyebab dapat memicu timbulnya ketidakseimbangan psikologis ini. Pasien akan terombang-ambing dan akan muncul perasaan bingung dan cemas. Dalam merawat pasien yang berfluktuasi antara ketergantungan dan kemandirian, perawat harus terlibat dengan perilaku tertentu untuk menangani masalah inkonsistensi komposit.
Perawat harus memberikan suasana ancaman, di mana seseorang bisa menghadapi dirinya sendiri, mengenali kelemahannya, menggunakan kekuatannya tanpa memaksakan mereka pada orang lain, dan menerima bantuan dari orang lain.Perawat juga harus sepenuhnya menyadari berbagai aspek komunikasi termasuk mengklarifikasi, mendengarkan, menerima dan menafsirkan. Penggunaan yang benar dari semua faktor ini akan membantu pasien untuk memenuhi tantangan-nya dan akan membuka jalan menuju penyesuaian yang maksimal. Jadi perawat membantu pasien dalam memanfaatkan semua jalan, membantu dan kemajuan dibuat ke arah langkah-final fase resolusi.
(Peplau, H.E. Interpersonal Relation in Nursing, 1952.)
3. EKSPLOITASI
          Memungkinkan suatu situasi dimana pasien dapat merasakan nilai hubungan sesuai pandangan/persepsinya terhadap situasi. Fase ini merupakan inti hubungan dalam proses interpersonal. Dalam fase ini perawat membantu klien dalam memberikan gambaran kondisi klien dan seluruh aspek yang terlibat didalamnya.
(http://www.semangateli.blogspot.com/2008/04/teori-peplau.html.)
4. RESOLUSI
            Tahap terakhir dari proses antarpribadi Peplau adalah resolusi. Kebutuhan pasien telah dipenuhi oleh upaya kolaboratif dari perawat dan pasien. Pasien dan perawat sekarang perlu untuk mengakhiri hubungan terapi mereka dan membubarkan hubungan antara mereka.Secara bertahap klien melepaskan diri dari perawat. Resolusi ini memungkinkan penguatan kemampuan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dan menyalurkan energi ke arah realisasi potensi.
            Seringkali ini sangat sulit bagi kedua pasien dan perawat. Ketergantungan kebutuhan dalam hubungan terapeutik sering melanjutkan psikologis setelah kebutuhan fisiologis terpenuhi. Pasien mungkin merasa bahwa belum waktunya untuk mengakhiri hubungan. Contih: Seorang ibu yang telah melahirkan sudah diperbolehkan pulang.Namun, setelah satu minggu, perawat menelfon untuk menanyakan mengenai perawatan bayi.
Resolusi akhir juga mungkin sulit bagi perawat. Dalam contoh di atas, ibu mungkin bersedia untuk mengakhiri hubungan itu, tapi perawat dapat terus mengunjungi rumah untuk melihat bagaimana bayi berkembang. Perawat mungkin tidak dapat menjadi bebas dari ikatan ini dalam hubungan mereka. Kecemasan akan meningkat pada pasien dan perawat jika ada penyelesaian gagal.
(Peplau, H.E. Interpersonal Relation in Nursing, 1952.)
2.3 Teori Peplau dan Konsep Empat Besar
          Teori keperawatan biasanya berkembang menjadi empat konsep individu, kesehatan, masyarakat, dan keperawatan. Peplau mendefinisikan manusia sebagai organisme kesehatan, didefinisikan sebagai “simbol kata yang menyiratkan gerakan maju kepribadian dan proses-proses manusia lainnya yang sedang berlangsung di arah yang produktif, kreatif, konstruktifberusaha dengan caranya sendiri untuk mengurangi ketegangan yang dihasilkan oleh kebutuhan “pribadi, dan komunitas yang hidup”.
          Meskipun tidak secara langsung, Peplau mendorong perawat untuk mempertimbangkan budaya dan adat-istiadat pasien ketika pasien menyesuaikan dengan rutinitas rumah sakit. Saat ini ketika seorang perawat mempertimbangkan lingkungan pasien, dia menganggap banyak faktor yang lebih, seperti latar belakang budaya dan rumah dan lingkungan kerja, bukan hanya mempertimbangkan penyesuaian pasien ke rumah sakit. Persepsi yang sempit Peplau tentang masyarakat / lingkungan adalah keterbatasan utama dari teorinya. Teori ini tidak meneliti pengaruh-pengaruh lingkungan yang luas pada orang, tetapi lebih memfokuskan pada tugas-tugas psikologis. Pandangan ini pada tahun 1949 ketika buku itu ditulis “dalam orang itu”. Dalam memeriksa kecenderungan historis dalam keperawatan jiwa, pandangan ini dikategorikan sebagai “orang dalam” sebagai kontras dengan pandangan kemudian “dalam hubungan” dan “dalam sistem sosial” yang mempertimbangkan pengaruh lingkungan yang lebih luas pada orang.
          Hildegard Peplau menganggap menyusui wanita mendefinisikan sebagai hubungan manusia antara individu yang sakit atau membutuhkan pelayanan kesehatan dan seorang perawat terutama dididik untuk mengenali dan untuk merespon kebutuhan untuk signifikan, terapi, proses interpersonal. “Membantu”perawat membantu pasien dengan proses interpersonal. Mayor konsep dalam kebutuhan, kecemasan, ketegangan dan frustrasi.
Tabel 4-1. Fase Hubungan Perawat-Pasien
Fase
Fokus
Orientasi
Identifikasi
Eksploitasi
Resolusi
Masalah terdefinisi fase
Pemilihan bantuan profesional yang tepat
Penggunaan bantuan profesional untuk pemecahan masalah alternatif
Pemutusan hubungan profesional
(Peplau, Interpersonal Relations.)
2.4 Hubungan AntaraTahapan Peplau dan Proses Keperawatan
          Dari empat fase orientasi, identifikasi, eksploitasi, dan resolusi dapat dibandingkan dengan proses keperawatan seperti yang dibahas dalam (Tabel 4-2). Proses keperawatan didefinisikan sebagai “aktivitas’’, yang disengaja intelektual dimana praktek keperawatan didekati secara tertib, sistematis.
          Ada kesamaan mendasar antara proses keperawatan dan fase antarpribadi Peplau itu. Kedua fase Peplau dan proses keperawatan berurutan dan fokus pada interaksi terapeutik. Menggunakan kedua teknik pemecahan masalah bagi perawat dan pasien untuk berkolaborasi pada tujuan akhir. Keduanya pergi dari umum ke khusus, misalnya, perasaan yang samar-samar pasien terhadap fakta-fakta spesifik tentang perasaan samar-samar. Kedua meliputi observasi, komunikasi, dan rekaman sebagai alat dasar yang digunakan oleh perawat.
          Ada perbedaan juga, antara fase Peplau dan proses keperawatan. Ketika mempertimbangkan perbedaan, harus merujuk pada buku Peplau ‘’Interpersonal dalam Hubungan Keperawatan’’ diterbitkan pada tahun 1952. Keperawatan profesional saat ini berfungsi dengan tujuan lebih jelas. Gerakan jauh dari perawat sebagai pembantu dokter dan perawat sebagai advokat konsumen. Misalnya, hari ini bagian dari proses keperawatan diagnosis. Asosiasi Perawat Amerika dalam Standar Praktik Keperawatan, menyatakan: “Diagnosis keperawatan berasal dari data status kesehatan”.Peplau menyatakan (dalam 1952) bahwa fungsi utama dokter adalah “mengakui impor penuh masalah nuklir dan jenis bantuan profesional yang dibutuhkan” yang hasil untuk dokter dalam” tugas mengevaluasi dan mendiagnosa masalah muncul”. Ini bertentangan dengan pengakuan sekarang dari fungsi keperawatan mandiri.
Tabel 4-2. Perbandingan Proses Keperawatan dan Tahapan Peplau
Proses Keperawatan
Tahapan Peplau
·    Penilaian
Pengumpulan data dan analisis
Tidak perlu selalu berarti “kebutuhan yang dirasakan” mungkin perawat dimulai.
·    Diagnosa keperawatan
Ringkasan pernyataan berdasarkan analisis.
·    Perencanaan
Saling menetapkan tujuan.
·    Pelaksanaan
Rencana memulai ke arah pencapaian tujuan yang saling ditetapkan.Dapat dicapai dengan perawatan pasien, kesehatan profesional, atau keluarga pasien.
·    Evaluasi
Berdasarkan saling didirikan perilaku akhir yang diharapkan.
Dapat menyebabkan penghentian atau inisiasi rencana baru.
·    Orientasi
Perawat dan pasien datang bersama-sama sebagai orang asing, pertemuan yang diprakarsai oleh pasien yang mengungkapkan “kebutuhan yang dirasakan”, bekerja sama untuk mengenali, memperjelas, dan mendefinisikan fakta terkait dengan kebutuhan.
(Catatan: pengumpulan data kontinu.)
Pasien menjelaskan “kebutuhan yang dirasakan.”
·    Identifikasi
Saling tergantung penetapan tujuan. Pasien memiliki rasa memiliki dan selektif menanggapi mereka yang bisa memenuhi kebutuhan.
     Pasien-dimulai.
·    Eksploitasi
Pasien secara aktif mencari dan menggambar pada pengetahuan dan keahlian dari mereka yang dapat membantu.
·    Resolusi
Terjadi setelah fase lain yang berhasil diselesaikan dan telah dipenuhi.
Menyebabkan diberhentikan.
          Perawatan menurut Peplau, termasuk klarifikasi dari informasi dokter, serta pengumpulan data tentang pasien yang mungkin menunjukkan masalah daerah lainnya. Hari ini, bagaimanapun, dengan peran keperawatan diperluas, kami telah praktisi perawat independen yang mungkin atau tidak mungkin merujuk pasien ke dokter, tergantung pada kebutuhan pasien. Melalui peran diperluas seperti ini, keperawatan menjadi lebih akuntabel dan bertanggung jawab memberikan kemerdekaan keperawatan profesional yang lebih besar. Proses keperawatan menyediakan modus untuk mengevaluasi kualitas asuhan keperawatan yang diberikan yang merupakan inti dari akuntabilitas hukum.
          Peplau memberikan variabel dalam situasi keperawatan sebagai kebutuhan, frustrasi, konflik dan kecemasan. Variabel-variabel ini harus ditangani untuk pertumbuhan yang terjadi, sebagai perawat memfasilitasi perkembangan yang sehat dari kepribadian masing-masing. Hal ini mudah dilihat bahwa Peplau dipengaruhi oleh beberapa teori waktu, terutama teori Harry S. Sullivan interpersonal dan teori Sigmund Freud tentang psikodinamika.
          Dalam keperawatan saat ini, variabel seperti dinamika intrafamily, kekuatan sosial ekonomi (misalnya, sumber daya keuangan), pertimbangan ruang pribadi dan sumber daya pelayanan masyarakat sosial harus diperhitungkan untuk setiap pasien. Variabel-variabel ini memberikan perspektif yang lebih luas untuk melihat situasi keperawatan daripada faktor pribadi Peplau dari kebutuhan, frustrasi, konflik dan kecemasan. Saat ini, bahkan keluarga, kelompok atau komunitas dapat secara kolektif didefinisikan sebagai pasien.
          Perawatan juga telah memperluas perspektif dalam membantu pasien mencapai potensi kesehatan lebih lengkap melalui penekanan lebih besar pada pemeliharaan kesehatan dan promosi. Martha Rogers menyatakan, “Pemeliharaan dan promosi kesehatan, pencegahan penyakit, diagnosis keperawatan, intervensi, dan rehabilitasi mencakup lingkup tujuan jompo”. Perawat secara aktif mencari untuk mengidentifikasi masalah kesehatan di berbagai komunitas dan pengaturan kelembagaan ini.
          Komponen spesifik dari proses keperawatan dan fase Peplau sekarang akan dibahas. Lihat lagi untuk Tabel 4-2. Tahap orientasi Peplau yang sejajar dengan awal fase penilaian bahwa baik perawat dan pasien datang bersama-sama sebagai orang asing. Pertemuan ini diprakarsai oleh pasien yang menyatakan kebutuhan, meskipun kebutuhan tidak selalu bisa dipahami. Secara bersama, perawat dan pasien mulai bekerja melalui mengenali, memperjelas dan mendefinisikan fakta terkait kebutuhan ini. Langkah ini disebut sebagai pengumpulan data dalam tahap penilaian dari proses keperawatan.
            Orientasi dan penilaian yang tidak sama, tidak harus bingung. Mengumpulkan data kontinyu sepanjang fase Peplau. Dalam proses keperawatan, pengumpulan data awal adalah pengkajian keperawatan, dan pengumpulan data lebih lanjut menjadi bagian integral dari penilaian kembali.
          Diagnosis keperawatan berkembang pada masalah kesehatan atau defisit diidentifikasi. Diagnosis keperawatan adalah pernyataan ringkasan dari data yang dikumpulkan. Ini melukiskan masalah pasien atau masalah potensial. Peplau menyatakan bahwa “selama periode orientasi pasien menjelaskan pertama, kesan keseluruhan masalahnya”, sedangkan dalam proses keperawatan, perawat menyimpulkan diagnosis dari data yang dikumpulkan.
            Ketika perawat dan pasien berkolaborasi pada tujuan, mungkin ada bentrokan didasarkan pada prasangka dan harapan setiap orang, seperti dijelaskan sebelumnya dalam fase identifikasi Peplau. Perbedaan ini harus diselesaikan sebelum tujuan yang saling menyatakan dapat disepakati. Penetapan tujuan harus saling berkaitan antara perawat dan pasien.
          Dalam tahap perencanaan proses keperawatan, perawat secara khusus merumuskan bagaimana pasien akan mencapai tujuan yang akan ditetapkan. Pasien masukan secara aktif dicari oleh perawat sehingga pasien merasa merupakan bagian integral dari rencana dan kepatuhan. Pada langkah ini, perawat mempertimbangkan kemampuan pasien sendiri untuk menangani masalah-masalah pribadinya.
Peplau menekankan bahwa perawat ingin mengembangkan hubungan terapeutik sehingga kecemasan pasien akan disalurkan secara konstruktif untuk mencari sumber daya, sehingga menurunkan perasaan putus asa. Langkah dalam perencanaan masih dapat dipertimbangkan dalam fase identifikasi Peplau.
          Pada tahap implementasi, seperti dalam eksploitasi, pasien akhirnya menuai manfaat dari hubungan terapeutik dengan menggambar pada pengetahuan dan keahlian perawat. Dalam kedua fase (implementasi dan eksploitasi), rencana individual telah terbentuk, berdasarkan kepentingan dan kebutuhan pasien. Oleh karena itu, dalam kedua tahap rencana yang diprakarsai menuju penyelesaian tujuan yang diinginkan. Ada perbedaan, namun antara eksploitasi, di mana pasien adalah orang yang aktif mencari berbagai jenis layanan dalam memperoleh manfaat maksimal yang tersedia dan implementasi.Eksploitasi adalah pasien berorientasi, sedangkan pelaksanaannya dapat dilakukan oleh pasien atau oleh orang lain termasuk para profesional kesehatan dan keluarga pasien.
          Pada fase resolusi Peplau, fase-fase lainnya telah berhasil bekerja melalui kebutuhan telah dipenuhi, resolusi dan pemberhentian adalah hasil akhir. Meskipun Peplau tidak membahas evaluasi. Evaluasi merupakan faktor yang melekat dalam menentukan status kesiapan pasien untuk melanjutkan melalui fase resolusi.
          Dalam proses keperawatan, evaluasi merupakan langkah terpisah, dan diharapkan saling berkaitan.  Dalam evaluasi, jika situasinya jelas, masalah bergerak ke arah penghentian. Jika masalah tidak terselesaikan, bagaimanapun tujuan dan sasaran tidak terpenuhi, dan jika perawatan tidak efektif, penilaian ulang harus dilakukan. Tujuan-tujuan baru, perencanaan, implementasi dan evaluasi kemudian didirikan.
(Peplau, H.E. Interpersonal Relation in Nursing, 1952.)
2.5 Peplau Bekerja dan Karakteristik Dari Teori A
          Saat ini di literatur, ada ketidaksepakatan tentang apakah buku Peplau adalah sebuah teori seperti yang diusulkan dalam edisi 1980, model konseptual atau teori besar. Karya Peplau akan dibandingkan dengan karakteristik teori yang diperkenalkan dalam bab pertama buku ini. Umumnya, teori Peplau adalah sebuah teori keperawatan.
          1. Teori dapat saling berhubungan sedemikian rupa untuk menciptakan cara berbeda dalam memandang suatu fenomena tertentu. Fase orientasi, identifikasi, eksploitasi dan resolusi saling berhubungan komponen yang berbeda dari setiap tahap. Keterkaitan ini menciptakan perspektif yang berbeda dari interaksi perawat-pasien dan transaksi pelayanan kesehatan. Interaksi perawat-pasien dapat berlaku untuk konsep manusia, kesehatan masyarakat dan keperawatan. Misalnya, dalam fase orientasi ada komponen perawat, pasien, orang asing, masalah dan kecemasan.
          2. Teori harus logis di alam. Teori Peplau menyediakan cara yang logis sistematis melihat situasi keperawatan. Keempat fase progresif dalam hubungan perawat-pasien yang logis, dimulai dengan kontak awal dalam fase orientasi dan berakhir dengan terminasi fase resolusi.
Konsep kunci dalam teori seperti kecemasan, ketegangan, tujuan dan frustrasi yang jelas didefinisikan dengan hubungan eksplisit antara mereka dan fase progresif.
          3. Teori harus relatif sederhana namun digeneralisasikan. Fase memberikan kesederhanaan dalam hal perkembangan alami dari hubungan perawat-pasien. Kesederhanaan ini menyebabkan kemampuan beradaptasi dalam setiap interaksi perawat-pasien, sehingga memberikan generalisasi. Sifat dasar keperawatan masih dianggap sebagai proses interpersonal.
          4. Teori dapat menjadi basis untuk hipotesis yang dapat diuji. Teori Peplau telah dihasilkan hipotesis diuji. Sebagian besar penelitian telah berpusat di sekitar konsep kecemasan, bukan hubungan perawat-pasien yang merupakan inti dari pekerjaannya.
Umumnya, penelitian keperawatan telah sedikit dan kebanyakan deskriptif (lihat Tabel 4-3). Banyak penelitian yang memiliki ukuran sampel yang sangat kecil dan dilakukan sebelum 1970.
Tabel 4-3. Perawatan Penelitian Menggunakan Kerja Peplau

 

Data &
Penulis
Penelitian
Temuan
1961
Hays, D.
     Memberikan deskripsi tahapan dan langkah-langkah pengajaran pengalaman pasien dari konsep kecemasan. Ukuran sampel adalah 6 pasien kejiwaan wanita.
     Analisis lisan kelompok mengungkapkan bahwa bila diajarkan dengan metoda pengalaman, pasien mampu menerapkan konsep kecemasan setelah kelompok ini dihentikan.
1963
Burd, S.F.
     Dikembangkan dan diuji kerangka intervensi keperawatan untuk bekerja dengan pasien cemas. Sampel 25 mahasiswa keperawatan
     jiwa yang terdiri dari 15 mahasiswa dan 10 mahasiswa pascasarjana.
     Siswa dapat mengembangkan kompetensi mahasiswa baru dimulai pada hubungan interpersonal. Semakin awal pengetahuan teoritis siswa,
     semakin siswa menyadari kecemasannya sendiri. Saat siswa bekerja dengan pasien, pasien merespon dengan pergi melalui tahap berurutan termasuk penolakan, ambivalensi dan kesadaran kecemasan.
          5. Teori berkontribusi dan membantu dalam meningkatkan tubuh secara umum dalam disiplin melalui penelitian dilaksanakan untuk memvalidasi mereka. Karya Peplau telah memberikan kontribusi besar terhadap tubuh pengetahuan, tidak hanya dalam psikiatri-mental perawatan kesehatan, tetapi juga dalam keperawatan pada umumnya. Contohnya adalah karyanya tentang kecemasan. Sehubungan dengan kontribusinya untuk penelitian dalam keperawatan jiwa-mental kesehatan, pada 1950-an dua-pertiga dari penelitian keperawatan berkonsentrasi pada hubungan perawat-pasien. Pada Teachers College, Columbia University (1952) Pekerjaan dipengaruhi sifat interpersonal dan arah kerja klinis dan studi. Saat ini, seperti di masa lalu, peneliti terus menguji teorinya.
          6. Teori dapat dimanfaatkan oleh praktisi untuk membimbing dan meningkatkan praktek mereka. Perawatan masih didefinisikan sebagai proses interpersonal yang dibangun di atas perawat-pasien fase progresif. Seperti yang diusulkan Peplau, komunikasi dan keterampilan wawancara tetap alat keperawatan mendasar. Kontinum kecemasan Peplau masih digunakan untuk intervensi keperawatan dalam bekerja dengan pasien cemas.
            7. Teori harus konsisten dengan teori divalidasi lainnya, hukum dan prinsip-prinsip, tetapi akan meninggalkan pertanyaan tak terjawab terbuka yang perlu diselidiki. Secara umum, teori ini konsisten dengan teori-teori saat ini dan penelitian. Teori interpersonal, termasuk Sullivan dan itu Fromme adalah fondasi dalam teori. Teori sistem umum juga dapat secara luas diterapkan pada empat fase dari hubungan perawat-pasien.
          Singkatnya, teori memiliki tujuh karakteristik. Dalam memeriksa karakteristik ini, (1952) karya Peplau yang memiliki karakteristik teori.Kekuatan termasuk menciptakan cara unik untuk melihat keperawatan dan meningkatkan pengetahuan keperawatan. Keterbatasan teori ini adalah bahwa beberapa daerah perlu lebih dikembangkan untuk dapat menghasilkan hipotesis diuji, dan bahwa teori ini lemah dalam aplikasi untuk pasien dengan karakteristik tertentu. Penelitian keperawatan harus fokus pada pengujian hipotesis teori untuk validasi.

(Peplau, Interpersonal Relations.)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: